Welcome to www.kaosbordirlogo.blogspot.com .

SAMBAL GORENG KRECEK

Krecek adalah sejenis kerupuk berbahan dasar kulit kerbau atau sapi yang dibersihkan, direndam dalam air panas sampai lunak, lalu dijemur sampai kering. Setelah kering, kulit tersebut dipotong kecil-kecil menjadi krecek mentah. Setelah digoreng, barulah krecek mentah ini berbentuk kerupuk kulit yang nikmat. Anda dan keluarga mungkin sering menikmati kerupuk kulit alias krecek yang gurih sebagai pendamping makanan utama. Tapi sebenarnya krecek gurih ini bisa juga disajikan dalam masakan lain seperti gudeg, sambal goreng, dll.

Waktu membuat: 1 jam
Porsi: 4 orang

Bahan-bahan:
300 gram Daging Sam Cam
100 gr Kerupuk kulit
200 gr kacang dadap
5 batang Cabe merah, rebus sebentar
10 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
2 ruas jari Lengkuas
1 Terasi
Air santan 1 buah kelapa
2 lembar salam
2 batang Serai, memarkan
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Segenggam petai

Cara membuat:
1.Haluskan atau blender cabai merah, bawang putih dan merah dan juga terasi.
2.Setelah halus, siapkan panci dan panaskan minyak. Tumis bumbu perlahan hingga wangi. Masukkan lengkuas yang sudah dipotong-potong, sereh, daun salam dan daun jeruk. Tumis kembali sampai wangi.
3.Masukkan daging sapi tetelan yang sudah dipotong dadu. Tumis dan aduk rata hingga daging terlapis dengan bumbu, masukan petai dan kacang polong yang sudah direbus. Aduk kembali sambil mengecilkan api.
4.Tuang kaldu sapi, garam dan merica. Setelah itu aduk hingga bumbu tercampur rata. Masak hingga bumbu dan kesemuanya matang dan harum. Masukkan santan sambil diaduk agar tidak pecah.
5.Terakhir, masukkan krecek atau kerupuk kulit. Aduk dan tambahkan air sedikit bila terlalu kering.Tunggu hingga krecek layu dan meresap bumbu. Sajikan hangat.

Related Post:

Share this article now on :