Welcome to www.kaosbordirlogo.blogspot.com .

Kalkun Panggang Mantap



1. Ukuran kalkun

Untuk membuatnya, celebrity chef Alton Brown dalam situs Foodnetworkmenyarankan untuk menggunakan kalkun muda dengan ukuran 6 hingga 7 kg karena lebih mudah lunak dan berukuran sedang. Kemudian kalkun dipotong dari bagian leher ke atas, juga dibersihkan bagian dalam perutnya. Kalkun harus bersuhu ruangan.






2. Lama pemasakan

Untuk membuat roasted turkey, lama pemasakan tergantung ukuran kalkunnya. Lama pemasakan 3 hingga 3,5 jam untuk ayam ukuran 3 hingga 6 kg. Sementara untuk ayam ukuran besar sekitar 9-10 kg, proses memasaknya hingga matang memakan waktu hampir 5 jam.






3. Bumbu rendaman

Agar lebih nikmat dan gurih meresap, ayam kalkun perlu direndam bumbu dulu. Rendamannya terdiri dari wortel, seledri, bawang bombay yang ditumis, juga kecap asin, garam, lada, bawang putih, kayumanis, marjoram dan juga thyme yang dimasak bersama dengan air hingga mendidih lalu disaring. Kalkun perlu direndam dalam bumbu ini sekitar 12 jam di dalam kulkas.





4. Isian

Rongga kosong di bagian tengah kalkun biasanya diisi dengan daun rosemary, marjoram, sage, wortel, seledri, apel, dan juga bawang bombay. Agar tetap rapi, bagian yang terbuka bisa dijahit menggunakan benang katun ataupun disemat dengan tusuk gigi.







5. Saus

Saat dipanggang, lemak kalkun akan meleleh dan mengendap di loyangnya. Lemak ini bisa diolah kembali menjadi saus. Caranya dengan lemak dimasak bersama kaldu ataupun wine, lalu diberi larutan tepung maizena dan dimasak hingga kental.








6. Penyajian

Kalkun panggang biasanya disajikan dengan brussel sprout rebus,wortel rebus, kentang rebus atau panggang, saus dari lemak kalkun dan saus cranberry juga yorkshire pudding. Saus cranberry dipilih karena rasanya asam segar cocok untuk menemani kalkun yang gurih.







7.Menyantap

Setelah doa bersama keluarga kalkun panggang akan dipotong oleh kepala rumah tangga atau mereka yang dianggap tua dan dihormati. Demikian juga dengan irisan pertama untuk mereka yang dihormati. Selanjutnya seluruh anggoa keluarga menyantap kalkun panggang bersama pelengkapnya hingga habis. Happy Thanksgiving Day!



Related Post:

Share this article now on :