Welcome to www.kaosbordirlogo.blogspot.com .

Bashaer Othman Walikota Termuda di Dunia

Bashaer Othman Walikota Termuda di Dunia  – Wanita muda yang cantik ini, Bashaer Othman merupakan seorang Walikota termuda di Dunia yang memipin kota Allar di tepi barat Palestina yang berpenduduk 8000 jiwa. Meski hanya menjabat sebagai walikota selama 2 bulan, banyak cerita menarik dan teladan yang bisa diambil dari Bashaer Othman gadis berusia 16 tahun yang masih duduk di kelas 2 SMA ini. Misalnya saja bagaimana Bashaer Othman bisa menjadi walikota di usianya yang masih muda ? Mengapa gadis cantik ini begitu mengidolakan mantan Presiden RI Soekarno ? Simak ceritanya disini.  

                                       
Dalam wawancara dengan Tempo, Jumat 14 Agustus 2012, gadis yang masih sekolah di kelas I SMA khusus putri ini menceritakan asal mula ia bisa terpilih menjadi wali kota termuda yang membuatnya terkenal di seluruh dunia. Menurut Bashaer Othman, kesempatan ini muncul saat dia berkecimpung di organisasi pemuda Kota Allar, yaitu "Youth Conflict of Ellar". Selama dua tahun memimpin dewan pemuda kota itu, ia merasa butuh mengaplikasikan ilmu kepemimpinan yang didapat. "Satu hari saya menantang Wali Kota Allar yang sebenarnya, Sufian Shadid, untuk memberikan kesempatan kepada saya menjabat sebagai wali kota selama satu minggu," kata Bashaer Othman di Jakarta. Melihat sosok Bashaer dan kemampuannya, Wali Kota Sufian setuju dengan alasan pemberdayaan kaum muda Kota Allar.

Bashaer kemudian menjalani perannya sebagai wali kota di bawah bimbingan Sufian selama satu minggu. Namun rupanya, Bashaer merasa waktu yang hanya seminggu sangat kurang untuk membuktikan keberhasilannya memimpin kota tersebut. Ia lalu meminta tambahan waktu, selama dua bulan. Sufian setuju dan menjadikan program ini sebagai "pilot project" pemberdayaan pemuda Pemerintah Palestina. Tak hanya posisi wali kota yang berganti. Bashaer juga mengganti 10 anggota Dewan Kota Allar yang kemudian diisi sepuluh pemuda seusianya. Komposisinya lima laki-laki dan lima perempuan. Sepuluh orang ini dipililh langsung oleh masyarakat dan tidak sembarangan. Awalnya, dari 1.000 pemuda Kota Allar, dipilih 40 besar. Kemudian mengerucut menjadi 10 besar. Merekalah yang membantu kerja Bashaer.

Mengenai kekagumannya dengan sosok Bung Karno, mengutip dari viva.co.id, Bung Karno itu seorang figur yang dikenal di seluruh Palestina. Alasan saya mengidolakan dia karena Soekarno termasuk seorang pemimpin yang memulai untuk berani mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Paling tidak Bung Karno mengakui Palestina yang memiliki hak-hak sebagai sebuah negara.

Bashaer Othman saat menerima perhaargaan di Pasaraya Blok M Jakarta

Related Post:

Share this article now on :